Semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca

Konsep Dan Fungsi, Peran, Dan Kedudukan Media Dalam Sistem Pembelajaran, Sistem Perencanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan Media.

Konsep Dan Fungsi, Peran, Dan Kedudukan Media Dalam Sistem Pembelajaran, Sistem Perencanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan Media.

Media berasal dari kata medium  yang artinya perantara atau pengantar dan mempunyai fungsi sebagai pengirim pesan dan penerima pesan. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik, penddik dan sumber belajar. Media pembelajaran adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber kepada anak didik yang bertujuan agar dapat merangsang pikiran, perasaan minat dan perhatian anak didik mengikuti kegiatan belajar

Fungsi media pembelajaran
  1. membantu kemudahan belajar bagi siswa dan guru
  2. alat bantu pengajaran
  3. membuat pembelajaran tidak monoton / membosankan
  4. segala alat indra dapat menafsirkan dan utrut berdialog sehingga kelemahan dari salah satu indera dapat diimbangi oleh kekuatan indera lain
Peran media pembelajaran
  1. Mengatasi batas batas ruang kelas
  2. Mengatasi benda yang bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat
  3. Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik
  4. Mengamati suara yang halus untuk didengar
  5. Mengamati peristiwa peristiwa alam
  6. Mengamati benda yang terlalu kecil

Kedudukan media dalam sistem pembelajaran, 

Pembelajaran dikatakan sebagai suatu sitem karena di dalamnya mengandung komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang telah diterapkan, komponen tersebut meliputi tujuan, materi,metode,media dan evaluasi. Kedudukan media dalam sistem pembelajaran sangatlah penting karena merupakan komponen dari sistem pembelajaran. Apabila komponen dari sistem pembelajaran idak berkaitan atau salah satu komponen tidak mendukung maka akan menjadi sistem pembelajaran yang tidak sempurna.

Sistem pembelajaran perencanaan media

ASSURE
A : Anlyze learner Characteriztics ( menganalisa karakteristik orang yang belajar )
S : State Objective ( menemukan tujuan )
S : Select, Modify or design materials ( memilih, memodifikasi, atau merancang bahan )
U : Utilize Materials (menggunakan bahan )
R : Require Learner Response ( mengetahui respon orang yang belajar )
E : Evaluate ( Mengevaluasi )

Faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media :
  1. Objektivitas 
  2. Sasaran
  3. Program Sesuai dengan Kurikulum
  4. Situasi dan Kondisi
  5. Kualitas Teknik
  6. Kefektifan dan Efisiensi penggunaan
Media pengajaran untuk mempertinggi kualitas pengajaran :
  1. Guru perlu memiliki pemahaman media pengajaran antara lain jenis dan manfaat media pengajaran
  2. Guru terampil
  3. Pengetahuan dan keterampilan dalam menilai kefektifan penggunaan media dalam proses pengajaran. 
Kriteria pemilihan media :
  1. Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
  2.  Dukungan terhadap isi bahan pengajaran
  3.  Kemudahan memperoleh media
  4.  Keterampilan guru dalam menggunakannya
  5.  Tersedia waktu untuk menggunakannya
  6.  Sesuai dengan taraf beripikir siswa
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor

Recent Posts