Strategi Instruksional dalam Pembelajaran
Apa itu Strategi ?
Menurut KBBI strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran kegiatan khusus jika dihubungkan dengan pembelajaran , strategi dapat diatikan dengan pola pola umum kegiatan guru dan peserta didik dalam perwujudan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang tidak digariskan ( Triyanto : 2007 )
Apa itu Instruksional ?
berasal dari kata instruction yang berarti pengajaran pelajaran atau bahan perintah/ instruksi.
Menurut Webster'S third international dictionary off the english langangue menyebur intruksional berarti memberi pengetahuan/ informasi khusus dengan maksud melatih berbagai bidang khusus memberi kan keahlian / pengetahuan dalam berbagai bidang seni/ spesial tertentu.
Sedangkan di dunia pendidikan, intruksional berarti pengajaran/ pelajaran
Apa itu strategi instruksional menurut Suparman (2004) bahwa strategi instruksional merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan peserta didik, peralatan dan bahan , seta waktiu yang digunakan dalam proses instruksional untuk mecapai tujuan instruksional. yang telah ditentukan.
dari beberapa pendapat ahli tersebut diatas, maka dapat disimpulkan , strategi instruksional merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan peserta didik, peralatan dan bahan, serta waktu yan digunakan dalam proses instruksional untuk mencapai tujuan instruksional yang telah ditentukan
Tiga komponen penting
- Tujuan Pembelajaran
- Pendekatan dalam pengelola pembelajaran
- Isi atau materi pembelajaran
Komponen utama strategi instruksional
Urutan kegiatan instruksional
Garis besar isi
Metode Instruksional
Media dan alat Instruksional waktu
Pemilihan Media Pembelajaran
Mr.Conell (1974) dasar pertimbangan untuk memilih media sangatlah sederhana , yaitu memnuhi kebutuhan atau mencapau tujuan yang diinginka atau tidak.
Sudjiana (1990) Mengemukakan 6 kriteria dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu :
- Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
- Karakteristik media yang digunakan sesuai dengan proses pembelajaran
- Mampu mendukung isi dan bahan pembelajaran
- Media mudah diperoleh
- Kemudahan dalam pengaksesan
- Penggunaan tidak memakan waktu yang lain
- Kesesuaian media pembelajaran dengan cara berpikir siswa
- Sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan
- Sesuai dengan kemampuan para pelajar
- Efektifitas penggunaan media dalam pembelajaran.
2. Fedena
3.Ilmukomputer.com
4. Pesonaedu.com
Pembelajaran Individual
Menurut Duane (1973) pengajaran individual merupakan suatu cara pengaturan program warga belajar dalam setiap mata pelajaran, disusun dalam suatu acara tertentu yang disediakan bagi tiap siswa agar dapat memacu kecepatan belajarnya dibawa bimbingan guru.
Kelebihan
- Terbangun rasa percaya diri siswa.
- Siswa menjadi mandiri dalam melaksanakan pembelajaran.
- Siswa tidak memiliki ketergantungan pada orang lain
Kekurangan :
Jika siswa menemukan kendala dalam pembelajaran, minat dan perhatian siswa dikhawatirkan berkurang karena kurangnya komunikasi belajar antar siswa, sementara enggan bertanya kepada guru ,tidak membiasakan siswa bekerja sama dalam sebuah team.
Perbedaan - perbedaan individu dapat dilihat dari
- Perkembangan intelektual
- Kemampuan berbahasa
- Latar belakang pengalaman
- Gaya Belajar
- Bakat dan minat
- Kepribdian
4 Kelompok Model Pembelajaran
- Model interkasi sosial pembelajaran yang berinteraksi langsung antara guru dan siswanya
- Model Personal pembelajaran yang langsung kepada siswanya secara perseorangan
- Model Modifikasi tingkah laku
- Model pengolahan informasi
Metode media pembelajaran individual
1.
Metode Tanya Jawab
Sebagai pengulang pelajaran yang telah lalu
Sebagai selingan dalam menjelaskan pelajaran
Untuk merangsang siswa agar perhatian mereka
terpusat pada masalah.
2.
Metode Tugas
Metode ini diberikan karena dirasakan bahan
pelajaran yang terlalu banyak sementara waktu sedikit
3.
Metode Latihan
Metode latihan yand disebutkanjuga metode training
merupakan suatu cara mengajar baik untuk menanamkan kebiasaan kebiasaan
tertentu, juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan kebiasaan yang baik.
4.
Metode Pembiasaan
Mulailah pembiasaan sejak dini
pembiasaan hendaknya dilakukan secara kontinu
Pembiasaan hendaknya diawasi secara ketat
Pembiasaan yang apa mulanya hanya bersifat
mekanistis , hendaknya secara berangsur berubah jadi verbalistis
5.
Metode keteladanan
Metode keteladanan memiliki peranan yang sangat
signifikan dalam upaya pencapaian keberhasilan pendidikan. Metode keteladanan
juga suatu cara atau jalan yang ditemph seseorang dalam proses pengajaran
melalui perbuatan tau tingkah laku yang baik
Faktor faktor yang mempengaruhi pengajaran
individual
1.
Staf pengajar
2.
Persoalan Penjadwalan
3.
Kondisi ruangan
4.
Tujuan Pengajaran
5.
Pengajaran mini
6.
Perencanaan Keller
Tidak ada komentar:
Posting Komentar