Semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca

Masyarakat Sebagai Pusat Belajar & Pengembangan Media Pembelajaran

Masyarakat adalah sekelompok orang dalam sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka yang sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Secara abstrak, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Dinamika Masyarakat
A. Interaksi sosial
B. Kelompok Sosial
C.Kelas sosial



Sumber belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar menampilkan kompetensi ( Muhtadi  ; 2006 )
Macam macam Sumber Belajar :

  1. Pesan (Message) Pesan merupakan sumber belajar yang meliputi pesan formal yaitu pesan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi, seperti pemerintah atau pesan yang disampaikan guru dalam situasi pembelajaran.
  2. Orang (People)
  3. Bahan (Matterials)
  4. Alat (Device)
  5. Teknik.
  6. Latar (Setting)




Masyarkat sebagai pusat belajar


Masyarakat sebagai tempat proses terjadinyan proses sosial 
Dinamika yang terjadi di masyarakat, dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran, baik formal dan non formal, yang nantinya akan menjadikan masyarakat sebagai pusat belajar.
Masyarakat merupakan sebuah system yang saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya yang membentuk suatu kesatuan. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhannya, mereka tidak dapat hidup sendiri dalam sebuah masyarakat, akibatnya timbullah timbal balik atau interaksi antar manusia, dengan kriteria-kriteria (Sitorus, 2003: 16) sebagai berikut:
1)      Harus ada pelaku yang jumlahnya lebih dari satu.
2)      Ada komunikasi antar pelaku dengan menggunakan symbol-simbol
3)      Ada dimensi waktu (lampau, kini, mendatang) yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung.

4)      Ada tujuan-tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan pengamat.

Masyarakat sebagai tempat sosialisasi
Melalui proses sosialisasi seseorang atau sekelompok orang menjadi mengetahui dan memahami bagaimana ia atau mereka harus bertingkah laku di lingkungan masyarakatnya, juga mengetahui dan menjalankan hak-hak dan kewajibannya berdasarkan perananperanan
yang dimilikinya. Dalam pelaksanaannya, sosialisasi dilakukan dengan dua cara (Setiadi, 2013: 159), yaitu:
       1)      Sosialisasi represif (repressive socialization) adalah sosialisasi yang di dalamnya terdapat sanksi jika pihak-pihak yang tersosialisasi seperti anak atau masyarakat melakukan pelangaran. Contoh: orang tua yang memberikan hukuman fisik kepada anak yang dianggap melakukan pelanggaran.
     2)      Sosialisasi partisipatif (participative socialization) adalah sosialisasi yang berupa rangsangan tertentu agar pihak yang tersosialisasi mau melakukan suatu tindakan, rangsangan tersebut misalnya berupa hadia
h (rewards). Contoh: seorang anak yang giat belajar dan nantiny naik kelas biasanya orang tua merangsangnya dengan menjanjikan hadiah kepada anak





Pengembangan media pembeljaran

langkah langkah pengebangan media
1. menganalisi kebutuhan dan karakteristik siswa
2. merumuskan tujuan intruksional dengan operasional dan khas
3.merumuskan butir butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
4. mengembangkan alat pengukur keberhasilan
5. menulis naskah media
6. Mengadakan tes dan revisi



Teknik pengembangan media sederhana

1. Media visual
2.Media audiovisual
3. Media komputer
4.Media komputer da interaktif video
5.Media Ms .Power Point Microsoft
6. Media Internet

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor

Recent Posts